Metode Analisis Data Kualitatif dari Para Ahli

Metode analisis data merupakan suatu metode atau cara untuk memasak sebuah data menjadi keterangan sebagai akibatnya karakteristik data tadi menjadi mudah untuk dipahami & pula bermanfaat buat menemukan solusi perseteruan, yang tertutama adalah kasus yg mengenai sebuah penelitian. Atau analisis data juga sanggup diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan buat merubah data hasil dari sebuah penelitian sebagai liputan yg nantinya mampu dipergunakan buat mengambil sebuah kesimpulan.

Tujuan dari analisis data merupakan buat menggambarkan sebuah data sebagai akibatnya mampu di pahami, dan pula untuk menciptakan kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai ciri populasi yang menurut data yg diperoleh menurut sampel, yg umumnya ini dibuat dengan dasar pendugaan dan pengujian hipotesis. Nah, supaya lebih paham lagi penulis telah merangkumkan pada bawah ini.

Metode Analisis Data Kualitatif

Teknik Analisis Data


Dalam suatu penelitian ilmiah terdapat dua macam penelitian, yakni penelitian kualitatif & penelitian kuantitatif. Nah kali ini penulis akan mencoba buat mengungkapkan tentang teknik analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian, yakni teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.

A. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Di pada metode penelitian kuantitatif  yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif merupakan suatu kegiatan sehabis data dari semua responden atau sumber data-data lain seluruh terkumpul. Teknik analisis data kuantitatif pada dalam penelitian kuantitatif yaitu memakai statistik. Statistik inferensial meliputi statistik parametris & juga statistik non parametris.

Dua Macam Jenis Penelitian Kuantitatif  Statistik Untuk Analisa Data

Berikut ini adalah macam-macam jenis penelitian kuantitatif berdasarkan tidak aktif buat analisa data

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif yaitu statistik yg digunakan menganalisis data menggunakan cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul, sebagaimana adanya tanpa bermaksud buat menciptakan konklusi yang berlaku dalam umum atau  generalisasi.

2. Statistik Inferensial

Statistik inferensial yaitu teknik statistik yang dipakai buat menganalisis data sampel & hasilnya diberlakukan buat populasi, dan statistik ini sangat cocok dipakai bila sampel diambil berdasarkan populasi yang telah jelas & cara pengambilan sampel menurut populasi tersebut dilakukan  secara acak.

Teknik Analisis Data Kuantitatif Menurut Sugiyono


Menurut Sugiyono, teknik penelitian kuantitatif jua bisa diartikan menjadi suatu metode penelitian menggunakan landaskan dalam filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel.

Umumnya teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara rambang, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen metode penelitian kuantitatif, analisa data yg bersifat kuantitatif atau statistik bertujuan buat menguji hipotesis yang t ditetapkan (Sugiyono, 2012: 7).

Metode kuantitatif ini tak jarang juga disebut menggunakan metode tradisional, positivistik, ilmiah/scientific & pula metode discovery. Metode penelitian kuantitatif ini dinamakan metode tradisional, sebab metode ini telah cukup usang digunakan sebagai akibatnya telah dipercaya sebagai metode tradisi buat sebuah penelitian.

Teknik ini juga diklaim menjadi metode positivistik karena pula berlandaskan kepada filsafat positivisme. Metode atau teknik ini disebut sebagai metode ilmiah/scientific, disebkan metode ini memilili kaidah-kaidah ilmiah yang terpenuhi yaitu konkrit, realitas, obyektif, terukur, rasional & sistematis.

Cara ini biasa dianggap juga dengan metode discovery lantaran metode penelitian kuantitatif sanggup ditemukan dan dikembangkan pada pada aneka macam iptek terbaru. Metode penelitian ini memiliki sebutan metode kuantitatif lantaran data penelitian yang berbentuk nomor -angka & analisa data yang memakai statistik.

B. Teknik Analisis Data Kualitatif

Dalam melakukan metode data kualitatif penelitian yg didapatkan berdasarkan berbagai sumber dan memakai teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan pula dilakukan secara terus menerus,

Maka, akan mengakibatakan variasi data yang sangat tinggi. Data yg didapatkan dalam dasarnya merupakan data kualitatif sehingga teknik analisis data yg digunakan belum mempunyai pola yang jelas. Maka menurut itu acapkali mengalami kesulitan pada dalam melakukan suatu analisa.

Teknik Analisis Data Kualitatif  Menurut Sugiyono

Menurut Sugiyono metode penelitian kualitatif merupakan suatu metode penelitian yg berlandaskan dalam filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti dalam syarat objek yg alamiah, (menjadi lawannya adalah eksperimen) yang dimana peneliti merupakan sebagai instrumen kunci, dari pengambilan sampel sumber data yg dilakukan dengan cara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan trianggulasi, analisa data yg bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan dalam makna berdasarkan generalisasi.

Teknik Analisis Data Deskriptif


Metode analisis data naratif merupakan suatu cara dalam meneliti status sekelompok insan, suatu objek, kondisi, sistem pemikiran atau pula insiden masa kini  . Jenis metode penelitian kualitatif ini berusaha menyebutkan kenyataan sosial pada waktu tertentu. Metode penelitian kualitatif dibedakan sebagai beberapa jenis, yaitu menurut kriteria pembedaan diantara lain fungsi akhir & pendekatannya.

Teknik Analisi Data Deskriptif Kualitatif


Metode analisis data deskriptif kualitatif pada suatu penelitian kualitatif bermanfaat buat mengembangkan teori yg telah dibangun berdasarkan data yang sudah dihasilkan di lapangan. Metode penelitian kualitatif pada termin awalnya peneliti melakukan penjelajahan, lalu dilakukan pengumpulan data hingga mendalam, mulai dari observasi hingga penyusunan laporan.

Langkah-Langkah Analisa Data Secara Umum

1. Pengolahan Data

Data yang sudah terkumpul pada pada tahap pengumpulan data, kemudian perlu diolah balik . Pengolahan data tersebut memiliki tujuan supaya data lebih sederhana, sebagai akibatnya semua data yang sudah terkumpul & menyajikannya telah tersusun dengan baik & rapi lalu baru dianalisis.

Tahap-termin dalam pengolahan data

a. Penyuntingan (editing) adalah aktivitas memeriksa seluruh daftar pertanyaan yg dikembalikan responden.

b. Pengkodean (coding) adalah aktivitas Setelah diakukannya penyuntingan data, kegiatan berikutnya yaitu Pengkodean yg dilakukan dengan menggunakan cara menaruh simbol atau tanda yang berupa nomor  terhadap jawaban responden yg diterima.

c. Tabulasi (tabulating) adalah aktivitas menyusun dan juga menghitung data dari hasil pengkodean, kemudian akan disajikandalam wujud tabel.

2. Penganalisisan Data

Apabila proses pengolahan data sudah terselesaikan, maka proses selanjutnya yaitu analisis data. Kemudian Tujuan analisis data adalah buat menyederhanakan dan juga memudahkan data buat ditafsirkan. Setelah datanya telah terkumpul, maka diklasifikasikan menjadi dua gerombolan , yakni data kuantitatif dengan bentuk angka-nomor  & data kualitatif yang lebih dinyatakan dalam bentuk kata-istilah atau simbol.

3. Penafsiran Hasil Analisis

Kamudian bila data sudah terselesaikan dianalisis, aktivitas yg harus dilakukan yaitu menafsirkan output analisa data tadi. Tujuan penafsiran analisis ini merupakan buat menarik konklusi berdasarkan penelitian kualitatif yang telah dilakukan.

Penarikan kesimpulan ini dilakukan dengan cara membandingkan hipotesis yg telah dirumuskan dengan hasil analisa data yg sudah diperoleh. Akhirnya, peneliti sanggup manarik konklusi apakah mendapat atau menolak hipotesis yg telah dirumuskan.

Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif


Berikut merupakan Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif. Nah, selesainya rangkaian semuanya data terkumpul, maka kemudian dilakukan analisis data sesuai menggunakan mekanisme & teknis pengolahan seperti di bawah ini:

Dilakukan pemilahan dan pula penyusunan pembagian terstruktur mengenai data,
Dilakukan penyunting data dan juga pemberian  kode data buat menciptakan kinerja analisis data,
Dilakukan konfirmasi data yg memerlukan verifikasi data dan pendalaman data,
Dan terakhir Dilakukan analisa data sinkron dengan konstruksi pembahasan output penelitian.

Nah, itulah model teknik analisis data penelitian kualitatif.  Secara generik prosedur analisis data penelitian kualitatif mempunyai 4 tahap seperti yang telah dijelaskan di jelaskan diatas. Yang mana buat menggunakan teknik analisis data penelitian kualitatif  wajib  memenuhi mekanisme yg telah di tentukan.

Metode Analisis Data Kualitatif dari Para Ahli