Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Apakah metode penelitian dan bagaimana pula pengertian metode penelitian menurut para ahli? Pada arttikel kali ini akan dibahas tentang metodologi dengan mengutipkan berbagai referensi dan pendapat para ahli.

metode penelitian


Metode penelitian atau metodologi penelitian” berasal berdasarkan kata “Metode” yg artinya cara yang sempurna buat melakukan sesuatu, dan “Logos” yg merupakan ilmu atau pengetahuan. Jadi, metodologi ialah cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara akurat buat mencapai suatu tujuan. Sedangkan “Penelitian” merupakan suatu aktivitas buat mencari, mencatat, merumuskan & menganalisis sampai menyusun laporannya.

Beberapa Pengertian Metode Penelitian


Tentang istilah “Penelitian” poly para sarjana yang mengemukakan pendapatnya, seperti :

a. David H. Penny

Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai banyak sekali jenis kasus yang pemecahannya memerlukan pengumpulan & penafsiran liputan-warta.

B. J. Suprapto MA

Penelitian merupakan penyelididkan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan buat memperoleh liputan-keterangan atau prinsip-prinsip dengan tabah, hati-hati dan sistematis.

C. Sutrisno Hadi MA

Sesuai menggunakan tujuannya, penelitian bisa didefinisikan menjadi bisnis buat menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

D. Mohammad Ali

Penelitian adalah suatu cara buat tahu sesuatu menggunakan melalui penyelidikan atau melalui usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan menggunakan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya.

Dari batasan-batasan pada atas dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan metodologi penelitian merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang mengungkapkan/mempersoalkan tentang cara-cara melaksanakan penelitian yg sampai menyusun laporannya) dari kabar-fakta atau gejala-tanda-tanda secara ilmiah.

Lebih luas lagi bisa dikatakan bahwa metodologi penelitian merupakan ilmu yg mempelajari cara-cara melakukan pengamatan menggunakan pemikiran yg sempurna secara terpadu melalui tahapan-tahapan yg disusun secara ilmiah buat mencari, menyusun serta menganalisis & menyimpulkan data-data, sebagai akibatnya bisa dipergunakan buat menemukan, membuatkan & menguji kebenaran sesuatu pengetahuan dari bimbingan Tuhan.

Baca juga: Pengertian Metode Ilmiah

Metodologi penelitian terdiri berdasarkan kata metodologi yang berarti ilmu mengenai jalan yang ditempuh buat memperoleh pemahaman mengenai sasaran yg telah ditetapkan sebelumnya. Sejalan menggunakan makna penelitian tadi di atas, penelitian jua bisa diartikan menjadi usaha yang mempersyaratkan keseksamaan atau kecermatan pada memahami kenyataan sejauh mungkin sebagaimana target itu adanya.

Jadi, metodologi penelitian merupakan ilmu tentang jalan yg dilewati buat mencapai pemahaman. Jalan tersebut harus ditetapkan secara bertanggung jawab ilmiah & data yang dicari untuk membentuk atau memperoleh pemahaman wajib  melalui kondisi ketelitian, artinya harus dianggap kebenarannya.

Itulah informasi tentang pengertian metode penelitian menurut para ahli yang semoga menambah wawasan kita.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli