Yuk Mengenal Pengertian Metode Ilmiah

Tahukah anda apa pengertian metode ilmiah? Mengapa masalah ini menjadi hal yang sangat mendasar dalam kegiatan ilmiah agar bisa dipertanggung jawabkan?

Metode Ilmiah adalah suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Metode ini menggunakan langkah-langkah yang terkontrol, teratur, dan sistematis.

Sedangkan seperti dikutip dari Wikipedia, metode ilmiah merupakan set metodologi dan teknik keilmuan dalam usahanya untuk mencari atau merevisi tentang suatu pengetahuan baru dengan menggunakan sistem yang ketat.

pengertian metode ilmiah


Suatu pengetahuan baru bisa dikatakan sebagai pengetahuan ilmiah bila melibatkan metode inkuiri yang berdasarkan data terukur ataupun pengamatan pada bukti empiris sesuai denggan prinsip penalaran yang berlaku secaara ilmiah.

Begitu pula untuk menguji hipotesis atau eksplanasi awal dari problem yang muncul dilakukan dengan eksperimen sebagai prosedur ilmiah. Karena itulah eksperimentasi merupakan bagian yang sangat penting sebagai instrumen utama dalam metode ilmiah.

Suatu kegiatan percobaan atau eksperimen yang dilakukan tanpa menggunakan atau menerapkan metode ilmiah, maka akan meragukan dan tidak dapat ditetapkan adanya hukum atau rumus.

Pelaksanaan Metode Ilmiah


Nah, dalam pelaksanaannya metode ilmiah ini dilakukan dalam meliputi enam tahap yang saling berkaitan, yaitu meliputi:

Merumuskan masalah - Masalah yang akan dibahas merupakan hal yang harus diselesaikan.

Mengumpulkan keterangan – Kegiatan untuk mengkkoleksi informasi yang mengarah dan dekat pada solusi terhadap masalah yang dibahas. Bagian inni sering juga disebut dengan istilah kajian teori atau kajian pustaka.

Menyusun hipotesis - Hipotesis adalah jawaban yang bersifat sementara sebagai hasil kesimpulan terhadap data, keterangan, ataupun informasi yang didapatkan selama kegiatan telaah pustaka ataupun observasi.

Menguji hipotesis – hipotesis yang telah dibuat pada tahap sebelumnya diuji validitasnya dengan melakukan penelitian ataupun percobaan. Mengolah data yang diperoleh dari hasil percobaan dengan menggunakan metode statistik sehingga akan dihasilkan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan ini merupakan data yang objektif yang tidak dipengaruhi atau ditentukan faktor subyektif dari ilmuwan peneliti. Kesimpulan ini pun harus bersifat universal (dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja akan didapatkan hasil yang sama).

Menguji kesimpulan – Ini dilakukan sebagai uji ulang untuk meyakinkan kebenaran hipotesis yang telah dibuat. Jika hasil uji selalu memperlihatkan dukungan terhadap hipotesis, maka hipotesis tersebut dapat menjadi kaidah (hukum) ataupun menjadi teori baru.

Sikap Ilmiah Dalam Metode Ilmiah


Metode ilmiah dilaksanakan harus didasari dengan sikap ilmiah. Sikap ilmiah harus dimiliki dan menjadi bagian penting dalam diri setiap ilmuwan maupun peneliti. Sikap ilmiah ini mencakup berbagai hal, yaitu meliputi rasa ingin tahu, objektif (sesuai fakta yang ada, dan tidak dipengaruhi oleh perasaan pribadi), jujur (menerima kenyataan hasil penelitian dan tidak mengada-ada), teliti (tidak ceroboh dan tidak melakukan kesalahan), tekun (tidak putus asa), dan terbuka (mau menerima pendapat yang benar dari orang lain).

Demikianlah penjelasan tentang pengertian metode ilmiah adalah teknik yang sangat mendasar dalam kegiatan ilmiah agar bisa dipertanggung jawabkan.

Yuk Mengenal Pengertian Metode Ilmiah