Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Sangat penting buat memahami pengertian proses dan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yg optimal. Setiap pendidik perlu mempertimbangkan metode apa yang tepat untuk digunakan supaya relevan dengan bahan ajar yg akan disampaikan dan jua buat mempengaruhi atau mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Pengertian Metode Pembelajaran


Secara etimologis, istilah metode asal dari bahasa Yunani, yaitu metodos. Kata ini terdiri menurut dua suku istilah, yaitu “metha” yg berarti melalui atau melewati dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Metode berarti jalan yang dilewati untuk mencapai tujuan.

Dalam bahasa Arab, metode diklaim thariqat; dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode adalah: “cara yang teratur & terpikir baik-baik buat mencapai maksud”. Dengan begitu, bisa dipahami bahwa metode berarti suatu cara yang wajib  dilalui buat menyajikan bahan pelajaran supaya tecapai tujuan pengajaran.

metode pembelajaran


Oleh karena itu, metode mengajar bisa berarti indera yg adalah perangkat atau bagian menurut suatu taktik pengajaran. Strategi pengajaran jua merupakan suatu pendekatan yang digunakan buat mencapai tujuan. Jadi, cakupan strategi lebih luas dibanding metode atau teknik pada pengajaran.

Sejalan menggunakan itu, Ahmad Tafsir menyatakan bahwa dari literature ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran bisa ditemukan banyak sekali metode mengajar. Sementara metode mendidik, selain dengan cara mengajar, nir terlalu banyak dibahas oleh para pakar. Sebabnya, mungkin metode mengajar lebih kentara, lebih tegas, objektif, bahkan universal; sedangkan metode mendidik selain mengajar lebih subjektif, kurang jelas, kurang tegas, lebih bersifat seni daripada sebagai sains.

Artinya, yang akan dibicarakan dalam uraian-uraian selanjutnya merupakan metode mengajar, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa metode mengajar itu beragam adanya. Dengan kata lain, metode adalah cara yang terstruktur & teruji secara matang untuk mencapai maksud dan tujuan. Kaitannya menggunakan mengajar tentu lebih terukur dan sifatnya formal buat hingga dalam target yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian, perlu diingat bahwa buat memudahkan pencapaian tujuan pendidikan, maka guru wajib  mengetahui, tahu, & mengaplikasikan aneka macam metode pada proses pembelajaran.

Pengertian Proses Pembelajaran


Menurut Muhammad Ali, para ahli pendidikan tidak selaras pendapat pada merumuskan definisi pembelajaran yang ditimbulkan adanya perbedaan dalam faktor: mengidentifikasi data, menafsirkan berita, penggunaan terminologi dan konotasi kata, dan fokus terhadap aspek-aspek tertentu. Dalam proses pembelajaran masih ada 2 aktivitas yang berlangsung, belajar dan mengajar.

Bilamana pengertian tersebut ditujukan buat penguasaan bahan pelajaran semata, maka akan memberi makna yang terlalu sempit dan bersifat intelektualistis. Para ahli beropini bahwa belajar bukan sekedar dominasi bahan, tetapi terjadinya perubahan tingkah laku  anak sehingga terbentuk suatu kepribadian yg baik.

Baca juga: Pengertian Metode Penelitian

Perbedaan definisi belajar ditimbulkan sang adanya perbedaan sudut pandang dan disiplin ilmu para pakar pendidikan. Oleh karenanya, beberapa definisi belajar bisa dikemukakan menjadi berikut.

Sebagaimana uraian Oemar Hamalik bahwa dari teori ilmu jiwa daya, belajar adalah usaha melatih daya-daya agar berkembang sebagai akibatnya bisa berpikir, mengingat, & sebagainya. Menurut teori ini, jiwa manusia terdiri berdasarkan banyak sekali daya seperti; daya berpikir, mengingat, merasa, mengenal, kemauan, dan sebagainya. Daya-daya tadi berkembang dan berfungsi bila dilatih dengan bahan-bahan & cara-cara tertentu.

Menurut teori ilmu jiwa asosiasi, belajar berarti menciptakan sejumlah interaksi stimulus dengan respon & melatih sejumlah hubungan tersebut supaya bertalian dengan erat. Pandangan teori ini dilatarbelakangi sang pendapat bahwa jiwa manusia terdiri atas aneka macam asosiasi aneka macam tanggapan yang masuk ke pada jiwa. Asosiasi tadi dapat terbentuk karena adanya interaksi antara stimulus & respon.

Menurut teori ilmu jiwa Gestalt, belajar merupakan mengalami, berbuat, bereaksi & berpikir secara kritis. Pandangan ini dilatar belakangi sang asumsi bahwa jiwa manusia bukan terdiri dari elemen-elemen tetapi adalah satu sistem yg bulat dan berstruktur. Jiwa insan hidup & pada dalamnya masih ada prinsip aktif di mana individu selalu cenderung untuk beraktifitas dan berinteraksi menggunakan lingkungannya.

Dari beberapa pendapat pada atas, sepertinya masih ada beberapa disparitas istilah mengenai belajar, tetapi pada hakekatnya ada kecenderungan pandangan tentang bagaimana bisnis mengaktifkan berpikir, bereaksi, dan berbuat terhadap suatu objek yang dipelajari sehingga timbul suatu pengalaman baru dalam diri seseorang.

Dengan tahu pengertian proses dan metode pembelajaran menurut para ahli kita dapat merumuskan metode yang tepat supaya hasilnya optimal.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli